Jumat, 02 November 2018

Mari Belajar Dasar Program PLC Beckhoff Dengan Twincat part1


Hallo semuanya, jika pada postingan sebelumnya - Mengenal PLC Beckhoff - sekarang saya akan membahas mengenai pemogramanya. Untuk memogram PLC Beckhoff membutuhkan software yaitu Twincat yang bisa kalian download di situs resminya DISINI untuk 32bit dan DISINI untuk 64bit. Jika sudah didownload aplikasnya yuk kita mencoba program dasar dari Twincat ini.

Pada Twincat terdapat banyak pemograman dan saya tentunya tidak menguasai keseluruhan program, maka saya akan bagikan yang telah saya kuasai agar tidak terjadi kekeliruan. Terdapat 6 program yang dapat digunakan namun saya hanya akan menjelaskan 4 program yang saya kuasai. Nah 4 programnya adalah ladder diagram , instruction list , function diagram , structured text. Yang pertama kalian perlu menginstal aplikasi Twincat lalu setelah selesai buka dan karena kita sedang simulasi klik icon "new" di kiri atas, lalu pilih BC via AMS dan tekan ok, setelah itu pilih bahasanya dan pada bagian kiri pilih saja program dan tekan ok.

1. Ladder Diagram


Ladder diagram merupakan bahasa favorit yang digunakan untuk PLC, bahasa ini sangatlah mudah dimengerti, kita hanya perlu menguasai pengendalian listrik saja untuk mengerti bahasa satu ini. Ladder diagram adalah program yang menggunakan simbol dan isi programnya hampir sama seperti kita membuat gambar rangkaian yang menggunakan relay dan kontak relay. Namun berbeda dengan merangkai rangkaian pengendali listrik, pada ladder diagram kita tidak dibatasi oleh jumlah kontak, atau pun jumlah relay. Oke kalo begitu kita lihat contoh program rangkaian pengunci yaitu bila tombol1 ditekan maka lampu akan menyala terus menerus, dan jika ditekan tombol2 maka lampu akan mati.
Pada rangkaian tersebut kita bisa melihat bahwa lampu akan terus menyala karena terjadinya loop, dan jika tombol2 aktif maka akan memutuskna loop tersebut.

2. Function Block Diagram

Function block diagram juga merupakan bahasa favorit untuk pengguna PLC, itu dikarena program ini bisa dipahami dengan logika yaitu seperti AND, OR, NOT, dll. Program function block diagram ini biasa dipakai sebagai program ke 2, atau sebagai penyedarhana dari program ladder diagram. Berikut contoh dari program rangkaian pengunci dengan cara kerja sama seperti di atas.
Nah sama seperti di atas bahwa rangkaian pengunci ini menciptakan sebuah loop bisa terus berlangsung. nah disini tombol1 akan mengaktifkan lampu dan sinyal akan masuk ke logika AND dan selama tombol2 tidak ditekan maka akan bernilai 1 karena tombol2 diberi NOT. Jika kita ingin mengerti lebih jauh maka kalian bisa pelajari soal logika.

Mau lanjut lagi ke 2 program selanjutnya ?, yuk kita lanjut ke postingan selanjutnya -Program Dasar Twincat part2-
Sekian dari saya dan terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar