Rabu, 31 Oktober 2018

Mengenal PLC Beckhoff


Hallo semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan sebuah informasi mengenai PLC Beckhoff. Apakah kalian sudah tahu mengenai PLC ?, jika belum maka kalian coba ke postingan ini dulu -Seputar PLC- . Pada awalnya saya sendiri kurang mengetahui mengenai PLC Beckhoff ini, yang saya tahu mengenai Beckhoff ini adalah PLC ini memiliki CPU dengan frekuensi yang tinggi dibandingkan PLC lainya, itu dikarenakan PLC Beckhoff ini menggunakan CPU seperti ARM Cortex hingga Intel. Jelas saja kalo proses dari PLC ini begitu cepat, akan tetapi penggunaan menurut saya Beckhoff ini masih sedikit asing.

Jadi pada intinya Beckhoff merupakan merk PLC, nah Beckhoff ini menurut saya PLC jenis modular itu karena komponen - komponennya terpisah seperti modul IO dan CPU. Dengan dibekali CPU Lebih dari 1 GHz menjadikan PLC ini cukup cepat dalam urusan proses, untuk software dari PLC Beckhoff menggunakan Twincat, yaitu sebuah software yang dapat digunakan untuk memprogram PLC ini.

Twincat bukan diartikan kucing kembar ya, tapi Twincat ini merupakan software untuk memprogram PLC seperti Beckhoff. Asal kita tahu Twincat merupakan software yang ringan dibandingkan software pemograman PLC lainya, contoh saja pada twincat 2 hanya berukuran 80MB namun memiliki fitur lengkap dan kita juga dapat menggunakan banyak bahasa dalam pemogramannya. Berikut merupakan jenis bahas ayang dapat digunakan untuk pemograman Twincat.
  • LD ( Ladder Diagram )
  • IL ( Instruction List )
  • FBD ( Funtion Blok Diagram )
  • SFC ( Squential Funtion Chart )
  • ST ( Stuktured Text )
Dari kelima diatas saya setidaknya mengerti kecuali SFC, tapi pastinya jika kita membahas mengenai PLC pastinya bahasa yang sering digunakan untuk PLC adalah LD ( ladder Diagram ) ataupun FBD ( Funtion Blok Diagram ). Jika kalian pernah menggunakan PLC jenis Omron mungkin kita hanya bisa menggunakan 2 bahasa yaitu FBD dan LD, sekarang kita bisa gunakan ke 5 bahasa di atas bersamaan. Nah yang membedakan antara aplikasi ini dengan milik Omron memang sangat jelas terasa namun ada lebih kurangnya. contoh saja pada Counter Up / Down, pada aplikasi milik Omron sedikit rumit untuk menggunakan Counter Down atau Counter UP & Down, tapi di aplikasi Twincat kita bisa mudah menggunakanya.

Tertarik untuk belajar PLC Beckhoff ? yuk lanjut ke bahasan selanjutnya - Program Dasar PLC Beckhoff -
Sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dan terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar