Minggu, 04 November 2018

Mari Belajar Dasar Program PLC Beckhoff Dengan Twincat part2


Melanjutkan postingan sebelumnya -Program Dasar Twincat part1-, yuk kita bahas program dasar selanjutnya yaitu structured text , dan instruction list. Jika membandingkan program - program pada Twincat ini semuanya memiliki prinsip yang sama, namun disemua program tentu terdapat kelebihan dan kekurangannya masing - masing oleh karena itu kita mungkin dapat menyatukan setiap program untuk menghilangkan kekurangannya tersebut. Langsung saja yuk kita bahas program selanjutnya. 

3. Structured Text

Program ini cukup simple karena hanya menggunakan prinsip if (jika). Mungkin dari kalian juga sering menggunakan fungsi if apalagi yang sebelumnya pernah menggunakan bahasa C, tentunya tahu lah mengenai fungsi if ini. Berbeda dengan program sebelumnya yang banyak menggunakan simbol, pada program structured text ini hanya text (pure text) tanpa adanya simbol, meski tidak bisa berhayal seperti saat menggunakan simbol namun jika kalian terbiasa dengan pemograman seperti C, C++, HTML, dsb mungkin kalian juga tidak akan keberatan dengan hal seperti itu, nah berikut contoh programnya untuk rangkaian pengunci.
Pada program di atas jika tombol start ditekan maka lampu akan menyala dan tidak akan berubah meski tombol "start" telah dilepas, dan tombol stop ditekan maka lampu akan mati. 

4. Instruction List

Sama seperti structured text pada program instruction list juga tidak terdapat simbol - simbol. Nah pada program insruction list ini mirip dengan fuction block yang menggunakan logika and or maka pada program ini pun demikian, bukan hanya mirip fuction block namun program ini juga mirip dengan ladder diagram karena penataannya, bahkan sebenarnya dari ketiga program yaitu fuction block, ladder diagram, dan instruction list ini sangat berkaitan dan pada program twincat sendiri dapat di convert (merubah jenis program ke program lainya), oke kalo gitu berikut contoh program penguncinya. 
Sedikit sulit memahami program satu ini namun agar mengerti program ini setidaknya kita harus mengerti ladder diagram dan membandingkannya agar paham, prinsip program di atas sama seperti program sebelumnya yaitu rangkaian pengunci.

Begitulah program - program dasar pada Twincat, untuk penjelasan lebih rinci mengenai program - programnya ditunggu ya. Sekian dari saya dan terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar